Selasa, 11 Desember 2012

IKAN CEMPEDIK

Ikan Cempedik Baru Meli

 Ikan Cempedik

I
Ikan Cempedik la debuatek

Ikan Cempedik lum debuatek

Pais Bumbu 3 Ikan Cempedik

Ikan Cempedik merupakan ikan air tawar yang hidup di Belitong. Paling banyak ditemukan di perairan sungai lenggang di Belitung Timur. Ikan cempedik mempunyai ciri ada titik hitam didekat ekornya dengan warna sisik keemasan. Ikan cempedik ini banyak didapat pada saat mulai musim penghujan, dimana ikan cempedik bergerak untuk bertelur. Pada saat selain mulai musim penghujan, ikan cempedik susah didapat, apalagi dalam jumlah besar. Mungkin banyak sekali ikan cempedik yang tidak bisa bergerak ke hulu karena harus melintasi pice (dam/bendungan). Ikan di hilir pice tidak dapat berenang ke huku melintasi pice. Ikan ini didapat masyarakat dengan cara diperangkap dengan bubu ataupun siro, yang sekarang banyak berbahan kadut. Ikan cempedik tidak bisa didapat dengan cara dipancing. Ikan Cempedik merupakan ikan kecil yang paling terkenal di Belitong, apalagi terdapat dalam syair lagu KEPICE. Meskipun kecil, ikan cempedik mudah membersihkannya sebelum dimasak, karena tidak perlu dibuang sisiknya maupun ekornya, cukup dibuang kotorannya saja dengan melubanginya di bagian perut, namun harus hati-hati jangan sampai telur ikan ikut terbuang. Membuang kotorannyapun bisa tanpa menggunakan pisau, cukup memakai lidi atau tusuk sate saja juga bisa.  Meskipun berukuran hingga belasan cm dan tidak dibuang sisik, ekor, kepala dan tulangnya, ikan cempedik enak dimakan dengan sisik dan tulang-tulangnya seperti ikan teri. Ikan cempedik dimasak dengan cara digangan, digoreng saja, digoreng tepung, dibuat gudo-gudo (semacam bakwan), dipais (dipepes) bumbu lengkap maupun dipais bumbu tiga (garam, cabe dan bawang merah). Masyarakat Belitong belum ada yang membudidayakan ikan cempedik ini, mungkin karena mudah mati atau harus hidup pada air yang mengalir/berarus deras.

Perae ngunjual ikan cempedik pakai kecibokan kecik, tapi sekarang la mulai pakai kiloan. Kadang ade juak perae nuk nyamporek ngenjual cempedik kan ikan lain macam kemuring, lelais, belang bajuk, seluang. Muatek ikan cempedik nak sabar, dak kuang ketenggarangan, muji ikan cempedik nak debuangek taik e sikok sikok. Mun la raga ajor trus ikan cempedik e kecik-kecik, muatek e pakai saguk, baru puterek sikok-sikok. Mun dak berese muangek taik e, pandai pait rase e. Ikan cempedik biase degangan, deguring, depais. Benar juak uji lagu kepice to, mun makan laok cempedik ne, nak mubo agik, mubo agik.

3 komentar:

  1. Bulan brapa ikan ini banyak di jumpai gan.

    BalasHapus
  2. Bulan Desember saat ini sedang musim ikan cempedik dan ikan darat lainnya, yaitu saat awal musim penghujan, dimana ikan cempedik akan bergerak ke hulu sungai untuk menetaskan telurnya. Banyak dijumpai di Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, terutama di Desa Lintang dan sektarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya saya ini mahasiswa perikanan ingin tanya-tanya seputar ikan cempedik ini yang mana nantinya akan diteliti barang kali ada email yang bisa di hubungi, terima kasih.

      Hapus